Teaching Practice
Teaching Practice
1.1 Procedures of teaching
Detailed Lesson Plan in Social Studies (Geography) 10
Title: The Universe as the Space of Existence of Planet Earth
I. Purpose/ Maksud
A. Content Standards: Students have demonstrated an understanding of human interaction with his environment that has led to the emergence of ancient civilizations that have provided the legacies that shaped the lives of the present generation.
Standar Isi: Siswa telah menunjukkan pemahaman tentang interaksi manusia dengan lingkungannya yang telah menyebabkan munculnya peradaban kuno yang telah memberikan warisan yang membentuk kehidupan generasi sekarang.
B. Performance Standards: Students are developing a proposed project that promotes the protection and preservation of the heritage of ancient civilizations on Earth for present and future generations.
Standar Kinerja: Siswa sedang mengembangkan proyek yang diusulkan yang mempromosikan perlindungan dan pelestarian warisan peradaban kuno di Bumi untuk generasi sekarang dan masa depan.
C. Learning Competencies: The physical nature of the world is examined. AP8HSK-Id-4
Kompetensi Pembelajaran: Sifat fisik dunia dievaluasi. AP8HSK-Id-4
D. Learning Outcomes: After studying this material, students are expected to be able to:
· describe the theory of the formation of Planet Earth;
· identify the dynamics of Planet Earth, rotation, and revolution;
· differentiate the the characteristics of Earth as a living space;
· propose a project that promotes protection and preservation of the Planet Earth; and
· participate actively in the class.
Capaian Pembelajaran: Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat:
l menggambarkan teori pembentukan Planet Bumi;
l mengidentifikasi dinamika Planet Bumi, rotasi, dan revolusi;
l membedakan karakteristik Bumi sebagai ruang hidup;
l mengusulkan proyek yang mempromosikan perlindungan dan pelestarian Planet Bumi; dan
l berpartisipasi aktif di kelas.
II. Content/ Puas
A. Topic: The Universe as the Space of Existence of Planet Earth
Topik: Alam Semesta sebagai Ruang Eksistensi Planet Bumi
B. Values: Appreciation of the past of the world and the benefits people get from it so that they can live a life that nurtures preservation and protection of the world that we are living.
Nilai/ KD, KI: Apresiasi terhadap masa lalu dunia dan manfaat yang didapat orang darinya sehingga mereka dapat menjalani kehidupan yang memelihara pelestarian dan perlindungan dunia yang kita jalani.
III. Materials/ Peralatan
A. References/ Referensi:
Ø Geografi kelas 10, Kurikulum 2013, penerbit Erlangga,penulis Yasinto Sindhu
Ø Planetary Dynamics as a Living Space/ Dinamika Planet Sebagai Ruang Kehidupan
B. Other References/ Referensi lain:
Ø KLT. How the Earth was Formed. 2019. Retrieved from this link https://youtu.be/ye3LavIx9jg on November 28, 2023.
Ø Digital marketing Blog. Which country has no night 2023 Updated. Retrieved from this link https://digitalmarketingdeal.com/blog/5-places-where-there-is-no-night-24-hours-a-day/ on November 29, 2023.
C. Materials: Laptop, Book, Powerpoint Presentation, LCD Projector and Screen or TV, Speaker, Paper, and Ballpen
Bahan: Laptop, Buku, Presentasi Powerpoint, Proyektor LCD dan Layar atau TV, Speaker, Kertas, dan Ballpen
IV. Technique/ Strategy (Teknik / Strategi)
Teacher’s Work Pekerjaan Guru | Students’ Response Tanggapan Siswa |
A. Review/ Going back (Kembali) Good morning, students. Selamat pagi, siswa.
Let’s pray together. Mari berdoa bersama.
How are you today? Bagaimana keadaanmu hari ini?
Is everybody present? Apakah semua orang hadir?
Can you please stand for awhile then fix your chairs. If there’s a trash beside you, can you please put it in the trash bins. Thank you. You may now seat. Bisakah Anda berdiri sebentar lalu memperbaiki kursi Anda. Jika ada sampah di samping Anda, bisakah Anda memasukkannya ke tempat sampah. Terima kasih. Anda sekarang dapat duduk.
Before we begin our discussion, can you share what you review about some of the lessons you tackled with Mr. Fendy last time? Sebelum kita memulai diskusi kita, dapatkah Anda membagikan apa yang Anda ulas tentang beberapa pelajaran yang Anda tangani dengan Mr. Fendy terakhir kali?
I am glad that you are able to remember those and share it in the class. So how do you feel right now? Can you imagine how tiny humans are? Saya senang Anda dapat mengingatnya dan membagikannya di kelas. Jadi bagaimana perasaan Anda saat ini? Bisakah Anda bayangkan betapa kecilnya manusia?
Indeed! We are not the only species living in this world. Besides, other species that are not familiar to us could also co-exist with us but in a different world. Memang! Kita bukan satu-satunya spesies yang hidup di dunia ini. Selain itu, spesies lain yang tidak kita kenal juga bisa hidup berdampingan dengan kita tetapi di dunia yang berbeda.
|
Good morning, Miss. Selamat pagi, Miss.
We are doing fine, Miss. Kami baik-baik saja, Miss.
Yes, Miss. Ya, Miss.
(Follow the instruction)
(Ikuti instruksi)
Miss, we learned about the different planets in our solar system. Miss, kami belajar tentang berbagai planet di tata surya kita.
We tackled about the rotation and revolution of earth on its axis around the sun, Miss. Kami membahas tentang rotasi dan revolusi bumi pada porosnya mengelilingi matahari, Miss.
Same as through with the difference of galaxies and andromeda, Miss. Sama seperti melalui dengan perbedaan galaksi dan andromeda, Miss.
Yes, Miss. I think we are like a small ant living in a very wide world. Ya, Miss. Saya pikir kita seperti semut kecil yang hidup di dunia yang sangat luas.
|
B. Lesson Cultivation (Pelajaran Kultivasi)
Activity: Strategy - Watch Me Closely! Aktivitas: Strategi - Perhatikan Saya Erat-erat!
As we move forward, I have here a short video clip that you will watch. I want you to write down your insights in your notebook then share it to the class. Saat kita bergerak maju, saya memiliki klip video pendek yang akan Anda tonton. Saya ingin Anda menuliskan wawasan Anda di buku catatan Anda kemudian membagikannya ke kelas. What are your insights about the video? Apa wawasan Anda tentang video tersebut?
Well done. I commend your insights because it manifests that you really watch the video which made you learn and wonder more about the universe and the world that we are living. Bagus. Saya memuji wawasan Anda karena itu menunjukkan bahwa Anda benar-benar menonton video yang membuat Anda belajar dan bertanya-tanya lebih banyak tentang alam semesta dan dunia yang kita tinggali.
Analysis: Strategy – Sing along and Learn Analisis: Strategi – Bernyanyi bersama dan Belajar
Link/Tautan: https://youtu.be/ye3LavIx9jg Okay, let’s move forward to our next activity. It is called “Sing along and Learn”. Kindly group yourselves into 2 groups so that after watching the video, the three groups will share what you learned from the video by answering one of the questions that I prepared: Oke, mari kita lanjutkan ke kegiatan berikutnya. Ini disebut "Bernyanyi bersama dan Belajar". Mohon kelompokkan diri Anda menjadi 2 kelompok sehingga setelah menonton video, ketiga kelompok akan membagikan apa yang Anda pelajari dari video tersebut dengan menjawab salah satu pertanyaan yang saya siapkan: Please assign one person in each group to pick a color that will reveal the question that you will answer after listening to the song. Harap tugaskan satu orang di setiap grup untuk memilih warna yang akan mengungkapkan pertanyaan yang akan Anda jawab setelah mendengarkan lagu. Question 1: What do you call the things that hit the earth? How did it change the planet overtime? Pertanyaan 1: Apa yang Anda sebut hal-hal yang menghantam bumi? Bagaimana itu mengubah planet ini dari waktu ke waktu? Question 2: How did earth get its atmosphere? Pertanyaan 2: Bagaimana bumi mendapatkan atmosfernya?
Each group will be given 5 minutes to present their answer to the question that they picked. Setiap kelompok akan diberikan waktu 5 menit untuk mempresentasikan jawaban mereka atas pertanyaan yang mereka pilih.
Let’s give ourselves a round of applause. I can see that you are phasing fast in terms of learning this topic. To tie it up, there were different types of stages in the formation of earth. Each stage is a new form of creation until it became a planet. Through the interaction of some celestial bodies in the outer space inside the earth, we now have what we are having nowadays. Mari kita beri diri kita tepuk tangan. Saya dapat melihat bahwa Anda bertahap cepat dalam hal mempelajari topik ini. Untuk mengikatnya, ada berbagai jenis tahapan dalam pembentukan bumi. Setiap tahap adalah bentuk penciptaan baru sampai menjadi planet. Melalui interaksi beberapa benda langit di luar angkasa di dalam bumi, kita sekarang memiliki apa yang kita miliki saat ini.
Abstraction: Strategy – Guess the word! Abstraksi: Strategi – Tebak kata!
As we go further, we will discuss and have fun in going to the depths of learning our planet Earth, especially the dynamics of the world. Remain with your groupmates and we will do this in a collaborative manner. Saat kita melangkah lebih jauh, kita akan membahas dan bersenang-senang dalam mempelajari planet Bumi kita, terutama dinamika dunia. Tetap bersama teman satu grup Anda dan kami akan melakukan ini secara kolaboratif.
Bring out 1 sheet of 1 whole paper/ bond paper and a pen. I will flash on the screen the picture and all groups will guess the word. I will give you 10 seconds to think of your answer and write it on your paper. At the count of 3, all papers should be raised. Is it clear? Keluarkan 1 lembar kertas utuh / kertas obligasi dan pulpen. Saya akan berkedip di layar gambar dan semua kelompok akan menebak kata. Saya akan memberi Anda 10 detik untuk memikirkan jawaban Anda dan menuliskannya di kertas Anda. Pada hitungan 3, semua kertas harus dinaikkan. Apakah sudah jelas?
Now, here is the first image that you need to guess. I will give some clues so that you can guess it correctly. Sekarang, inilah gambar pertama yang perlu Anda tebak. Saya akan memberikan beberapa petunjuk sehingga Anda bisa menebaknya dengan benar.
1. Three letters, one word Tiga huruf, satu kata 2. Starts with letter A and ends with letter R. Dimulai dengan huruf A dan diakhiri dengan huruf R. 3. Every living species need this to live. Setiap spesies hidup membutuhkan ini untuk hidup.
Answer: Air Jawaban: Udara
What role does the air do in our planet and to humans? Peran apa yang dilakukan udara di planet kita dan manusia?
What would happen if earth has no air for humans and animals to breathe in? Apa yang akan terjadi jika bumi tidak memiliki udara bagi manusia dan hewan untuk bernafas?
That’s right. Earth is the only planet that has air or oxygen. That’s why when astronauts explore other planets around the outer space, they need to wear some space suit that has oxygen on it. Itu benar. Bumi adalah satu-satunya planet yang memiliki udara atau oksigen. Itu sebabnya ketika astronot menjelajahi planet lain di sekitar luar angkasa, mereka perlu mengenakan pakaian antariksa yang memiliki oksigen di atasnya. Clue/s (Petunjuk): 1. Five letters, one word Lima huruf, satu kata 2. Starts with letter W and ends with R Dimulai dengan huruf W dan diakhiri dengan R 3. Plants need this to grow and humans need this to wash the dirt on their bodies. Tanaman membutuhkan ini untuk tumbuh dan manusia membutuhkan ini untuk mencuci kotoran di tubuh mereka.
Answer: Water Jawaban: Air
Why do we need water on earth? Mengapa kita membutuhkan air di bumi?
What if there’s no water on earth billion years ago? Bagaimana jika tidak ada air di bumi miliaran tahun yang lalu?
That’s right. Water is a necessity in our everyday life. In fact, we cannot live without it. That’s why we also need to conserve our water and protect our natural resources. We need to keep it clean and preserve them so that the next generations can also be benefited on what water can offer to them. Itu benar. Air adalah kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, kita tidak bisa hidup tanpanya. Itu sebabnya kita juga perlu menghemat air kita dan melindungi sumber daya alam kita. Kita perlu menjaganya tetap bersih dan melestarikannya sehingga generasi berikutnya juga dapat memperoleh manfaat dari apa yang dapat ditawarkan air kepada mereka. Clue/s (Petunjuk): 1. Four letter, one word Empat huruf, satu kata 2. Starts with L and ends with D Dimulai dengan L dan diakhiri dengan D 3. People need this to build their homes and plant crops/vegetables. Orang-orang membutuhkan ini untuk membangun rumah mereka dan menanam tanaman / sayuran.
Answer: Land Jawaban: Tanah
Why is it that the land is very important in the life of humans too? Mengapa tanah juga sangat penting dalam kehidupan manusia?
But what if there’s no land on earth? What could have been happened? Tetapi bagaimana jika tidak ada tanah di bumi? Apa yang bisa terjadi?
Clue/s (Petunjuk): 1. Four letters, 1 word Empat huruf, 1 kata 2. Starts with L and ends with E Dimulai dengan L dan diakhiri dengan E 3. The Almighty One gave this to us. Yang Mahakuasa memberikan ini kepada kita. Answer: Life Jawaban: Hidup
Why is life important on earth? Mengapa kehidupan penting di bumi?
Let’s imagine there’s no life on earth, do you think the world could still be the same like today? Mari kita bayangkan tidak ada kehidupan di bumi, apakah Anda pikir dunia masih bisa sama seperti hari ini?
Clue/s (Petunjuk): 1. 14 letters, 2 words 14 huruf, 2 kata 2. First word starts with letter T and ends with C, while the second word starts with letter P and ends with S. Kata pertama dimulai dengan huruf T dan diakhiri dengan C, sedangkan kata kedua dimulai dengan huruf P dan diakhiri dengan S. 3. The world has 7 of this. Dunia memiliki 7 ini.
Answer: Tectonic Plates Jawaban: Lempeng tektonik
What are thoughts about tectonic plates? Apa pendapat tentang lempeng tektonik?
That’s right. Because before, there was only one big continent on earth. It was Pangea. Then tectonic movement takes place million years ago. Then it divided Pangea into two. What is the name of those? Itu benar. Karena sebelumnya, hanya ada satu benua besar di bumi. Itu adalah Pangea. Kemudian gerakan tektonik terjadi jutaan tahun yang lalu. Kemudian membagi Pangea menjadi dua. Apa nama itu?
That’s right! Tepat sekali!
Clue/s (Petunjuk): 1. Eight words, one letter Delapan kata, satu huruf 2. Starts with letter R and ends with N. Dimulai dengan huruf R dan diakhiri dengan N. 3. It moves but stays on its own place. Bergerak tetapi tetap di tempatnya sendiri.
Answer: Rotation Jawaban: Rotasi
How does the rotation of earth affect the people on earth? Bagaimana rotasi bumi mempengaruhi orang-orang di bumi?
That’s right! However, there are also some places on earth that has no daytime and no nighttime. Tepat sekali! Namun, ada juga beberapa tempat di bumi yang tidak memiliki siang dan malam hari. What countries has no nighttime? Negara mana yang tidak memiliki malam hari?
How about the countries that sun does not set during certain periods of the year? Bagaimana dengan negara-negara yang matahari tidak terbenam selama periode tertentu dalam setahun?
Clue/s (Petunjuk): 1. Ten letters, one word. Sepuluh huruf, satu kata. 2. Starts with letter R and ends with letter N Dimulai dengan huruf R dan diakhiri dengan huruf N 3. It moves around the sun for 12 months. Bergerak mengelilingi matahari selama 12 bulan.
Answer: Revolution Jawaban: Revolusi
What does the revolution of earth do on its axis? How does it affect our life on earth? Apa yang dilakukan revolusi bumi pada porosnya? Bagaimana itu mempengaruhi kehidupan kita di bumi?
In Indonesia, what are the different seasons that you had in a year? Di Indonesia, apa saja musim berbeda yang Anda alami dalam setahun?
Good work, everyone. I’m very happy that you guessed all those words right and are able to answer my questions. Kerja bagus, semuanya. Saya sangat senang Anda menebak semua kata itu dengan benar dan mampu menjawab pertanyaan saya.
All of those makes the earth dynamic. How so? Because they have different components and roles in sustaining life on earth. For example, the air is there when we breathe. We need oxygen in order to live. Another one is the water. It plays a major role for the marine life and gives us water that we can use in our daily life. Semua itu membuat bumi dinamis. Bagaimana? Karena mereka memiliki komponen dan peran yang berbeda dalam menopang kehidupan di bumi. Misalnya, udara ada di sana ketika kita bernapas. Kita membutuhkan oksigen untuk hidup. Satu lagi adalah air. Ini memainkan peran utama bagi kehidupan laut dan memberi kita air yang dapat kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.
Also, land gives us a place to live, to plant, and for other animals to live as well. Lastly, life is the most important that we need in order to do the things that we need on this planet. Without life, we are just a corpse that cannot even move or do anything. That’s why it is very important to treasure life, and everything. Juga, tanah memberi kita tempat tinggal, menanam, dan bagi hewan lain untuk hidup juga. Terakhir, hidup adalah yang paling penting yang kita butuhkan untuk melakukan hal-hal yang kita butuhkan di planet ini. Tanpa kehidupan, kita hanyalah mayat yang bahkan tidak bisa bergerak atau melakukan apa pun. Itulah mengapa sangat penting untuk menghargai kehidupan, dan segalanya.
Furthermore, the earth’s rotation gives us daytime and nighttime in a day whereas earth’s revolution on its axis around the sun gives us 12 months in a year with different seasons. Sometimes hot, sometimes cold. Some have snow, while other have rain. Selanjutnya, rotasi bumi memberi kita siang dan malam hari dalam sehari sedangkan revolusi bumi pada porosnya mengelilingi matahari memberi kita 12 bulan dalam setahun dengan musim yang berbeda. Terkadang panas, terkadang dingin. Beberapa memiliki salju, sementara yang lain memiliki hujan.
Are there any questions? If none, let’s move forward to our next activity. Apakah ada pertanyaan? Jika tidak ada, mari kita lanjutkan ke aktivitas berikutnya.
Application: Strategy - Propose a Project Aplikasi: Strategi - Usulkan Proyek
I will distributed this paper that I prepared then you will write your propose project that promotes protection and preservation of the Planet Earth. Below the name of project, you will explain why you chose that in 2-3 sentences only. Saya akan membagikan makalah ini yang saya siapkan kemudian Anda akan menulis proyek yang Anda usulkan yang mempromosikan perlindungan dan pelestarian Planet Bumi. Di bawah nama proyek, Anda akan menjelaskan mengapa Anda memilihnya dalam 2-3 kalimat saja. I will give you 5 minutes to finish this task then kindly submit your paper to me. Is it clear, class? Saya akan memberi Anda 5 menit untuk menyelesaikan tugas ini kemudian dengan ramah menyerahkan makalah Anda kepada saya. Apakah sudah jelas, kelas? You can use English or Bahasa in making this activity. Anda bisa menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia dalam membuat kegiatan ini. Rubrics in making the Proposal: Content - 5 Relevance - 5 Originality - 5 Feasibility - 5 Total Points: 20 Rubrik dalam pembuatan Proposal: Konten - 5 Relevansi - 5 Orisinalitas - 5 Kelayakan - 5 Total Poin: 20
C. Concluding Assessment Strategy - Post-Test Penilaian Penutup Strategi - Post-Test
Please bring out 1 whole sheet of paper then answer the following questions. Harap keluarkan 1 lembar kertas utuh lalu jawab pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Which of the following is the layer closest to earth? A. Troposphere B. Stratosphere C. Mesosphere D. Thermosphere
2. Which of the following is the highest layer of Earth’s atmosphere? A. Stratosphere B. Mesosphere C. Exosphere D. Thermosphere
Answer: C
3. When the earth moves on its axis around the sun, this is called _____. Which of the following is the right term? A. Gravitational force B. Revolution C. Rotation D. Spin
Answer: B
4. There are 7 of this in the world. In every movement, it causes earthquake in a certain part of the world. What is being referred? A. Continents B. Landmasses C. Tectonic Plates D. Earth’s mantle
Answer: C
5. Which of the following does NOT make the earth dynamic? A. Land B. Water C. Air D. Sky
Answer: D
I think this meeting is done. I hope you enjoyed the lesson today in geography. Lets close this meeting. don’t forget to be happy in learning. See you, students. Saya pikir pertemuan ini sudah selesai. Saya harap Anda menikmati pelajaran hari ini dalam geografi. Mari kita tutup pertemuan ini. Jangan lupa untuk bahagia dalam belajar. Sampai jumpa siswa. |
Okay, Miss. Oke, Miss.
Miss, I think the universe is very wide. We cannot predict its end because its dark and humans cannot go there neither. Miss, saya pikir alam semesta sangat luas. Kita tidak dapat memprediksi akhirnya karena gelap dan manusia juga tidak bisa pergi ke sana.
Based on the video, we saw that there’s a lot of galaxies in the universe too. Not just Milky Way but many. Berdasarkan video tersebut, kami melihat bahwa ada banyak galaksi di alam semesta juga. Bukan hanya Bima Sakti tetapi banyak.
I think humans need to explore more about the outside world of the world because there’s a lot of things that we don’t know yet about the universe, Miss. Saya pikir manusia perlu mengeksplorasi lebih banyak tentang dunia luar dunia karena ada banyak hal yang belum kita ketahui tentang alam semesta, Miss.
Group 1: Present their answer. Kelompok 1: Sajikan jawaban mereka.
Group 2: Present their answer. Kelompok 2: Sajikan jawaban mereka.
Understood, Miss. Dipahami, Miss.
Yes, Miss. Ya, Miss.
(Raises paper with their answer) (Mengangkat kertas dengan jawaban mereka)
Miss, I think it gives us air to breathe so that we can live. All humans and animals needs air in order to co-exist with the components inside the planet. Miss, saya pikir itu memberi kita udara untuk bernafas sehingga kita bisa hidup. Semua manusia dan hewan membutuhkan udara untuk hidup berdampingan dengan komponen di dalam planet ini.
I think we won’t be able to last long on earth, Miss. Saya pikir kita tidak akan bisa bertahan lama di bumi, Miss.
(Raises paper with their answer) (Mengangkat kertas dengan jawaban mereka)
Because we also need to hydrate ourselves in order to live. Also, we need it to wash ourselves and our belongings. Next to air as the most important in our life on earth is water because we need it everyday. Karena kita juga perlu menghidrasi diri kita sendiri agar bisa hidup. Juga, kita membutuhkannya untuk mencuci diri dan barang-barang kita. Di sebelah udara sebagai yang paling penting dalam kehidupan kita di bumi adalah air karena kita membutuhkannya setiap hari.
I think there won’t be life on earth too, Miss. The earth could have been empty just like other planets in the solar system. Saya pikir tidak akan ada kehidupan di bumi juga, Miss. Bumi bisa saja kosong seperti planet lain di tata surya.
(Raises paper with their answer) (Mengangkat kertas dengan jawaban mereka)
Miss, I think its because the land gives as a space to build our own homes, to plant vegetables and trees, and for the animals to live. Miss, saya pikir itu karena tanah memberi ruang untuk membangun rumah kita sendiri, menanam sayuran dan pohon, dan bagi hewan untuk hidup.
I think there would be no humans on earth and only aquatic animals can live. Saya pikir tidak akan ada manusia di bumi dan hanya hewan air yang bisa hidup.
(Raises paper with their answer) (Mengangkat kertas dengan jawaban mereka) Because without life, there's no living organisms on earth. Humans need life in order to live on earth. Karena tanpa kehidupan, tidak ada organisme hidup di bumi. Manusia membutuhkan kehidupan untuk hidup di bumi.
It won't be the same at all, Miss. Because both animals, humans and plants won't exist in this planet without life. Itu tidak akan sama sama sekali, Miss. Karena hewan, manusia, dan tumbuhan tidak akan ada di planet ini tanpa kehidupan.
(Raises paper with their answer) (Mengangkat kertas dengan jawaban mereka)
I think they played a role on the movement of land on this planet, Miss. Saya pikir mereka memainkan peran dalam pergerakan tanah di planet ini, Miss.
Likewise, they are the major cause of earthquakes in different regions or part of the globe, Miss. Demikian juga, mereka adalah penyebab utama gempa bumi di berbagai wilayah atau bagian dunia, Miss.
I think its the Laurasia and Gondwana continents, Miss. Saya pikir itu adalah benua Laurasia dan Gondwana, Miss.
(Raises paper with their answer) (Mengangkat kertas dengan jawaban mereka)
Rotation of earth gives us daytime and nighttime. During daytime, people are very busy because they go to work, to school, and do many things. Whereas nighttime gives us time to sleep so that our body and mind can rest. Rotasi bumi memberi kita siang dan malam hari. Pada siang hari, orang sangat sibuk karena mereka pergi bekerja, ke sekolah, dan melakukan banyak hal. Sedangkan malam hari memberi kita waktu untuk tidur agar tubuh dan pikiran kita bisa beristirahat.
Nunavut, Canada Iceland Finland Norway Alaska
Norway’s North Cape Iceland’s Reykjavik Canada’s Yukon Territory Alaska’s North Slope Sweden’s Kiruna Finland’s Lapland region
(Raises paper with their answer) (Mengangkat kertas dengan jawaban mereka)
It revolves around the sun which gives us different seasons and different months in a year, Miss. Ini berputar mengelilingi matahari yang memberi kita musim yang berbeda dan bulan yang berbeda dalam setahun, Miss.
We have 2 seasons here, Miss. The rainy and Dry seasons. Kami memiliki 2 musim di sini, Miss. Musim hujan dan kemarau.
None, Miss. All is clear. Tidak ada, Nona. Semuanya jelas.
Yes, Miss. Ya, Miss.
(Students did the activity) (Siswa melakukan kegiatan)
(Students did the activity) (Siswa melakukan kegiatan)
See you, Miss. Sampai jumpa rindu Dayvie
|
Assignment: Pen-Pal
Direction: In a clean paper, write a letter addressed to your teacher. Write what you learned about the lesson and how it influence or give impact to your life. You can write it in English or Bahasa. Submit your assignment in our next meeting.
Arahan: Dalam kertas yang bersih, tulislah surat yang ditujukan kepada guru Anda. Tulislah apa yang Anda pelajari mengenai pelajaran tersebut dan bagaimana itu memengaruhi atau memberi dampak pada kehidupan Anda. Anda dapat menulisnya dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Kirimkan tugas Anda di pertemuan kami berikutnya.
Bogor, 28th November 2023
Supervisor/ Resource Teacher:
| SEA Teacher/ Student-Teacher: |
Fendy Arief, S.Pd | Dayvie Mia G. Simon |
Comments
Post a Comment