Observation on Teacher(s)

Observation on Teacher(s)



    1.1 Planning for teaching

(Lesson Plan of my Resource Teacher during my classroom observation)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 

Sekolah : SMA Negeri ……………….

Mata Pelajaran : Geografi

Kelas/Semester : X/Ganjil dan Genap

Materi Pokok              : Bumi sebagai Ruang Kehidupan

Alokasi Waktu : 4 Minggu x 3 Jam pelajaran @ 45 Menit

 

A. Kompetensi Inti

· KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.

· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

 

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

1. 

2. 

3. 

3.1. 

3.2. 

3.3. 

Kompetensi Dasar

Indikator

3.4. Menganalisis dinamika planet Bumi sebagai ruang kehidupan

· Mengamati proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai sumber/media

· Mendefinisikan tentang proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai sumber/media

· Mengidentifikasikan tentang proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai sumber/media

· Mengidentifikasi proses terjadinya, bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya

· Mengidentifikasi karakteristik lapisan bumi

· Mendeskripsikan tentang teori pembentukan planet Bumi

· Mendeskripsikan pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya

· Mendeskripsikan pengertian dan proses terjadinya Tata Surya

· Mendeskripsikan Matahari sebagai pusat Tata Surya

· Mendeskripsikan sejarah pembentukan bumi

· Mengklasifikasikan tentang teori pembentukan planet Bumi

· Menemukan data dan informasi tentang teori pembentukan planet Bumi

· Mengeksprolasi temuan data dan informasi tentang teori pembentukan planet Bumi

· Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan informasi tentang dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

· Menganalisis tabulasi data dan informasi tentang dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

· Menganalisis teori tektonik lempeng

· Menguraikan hasil analisa data dan informasi tentang dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

· Mengasosiasikan uraian data dan informasi tentang dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

· Berdiskusi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan

· Menyimpulkan hasil asosiasi data dan informasi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan

· Menjelaskan  pandangan  manusia mengenai Jagat Raya  

· Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya

· Menjelaskan teori-teori tentang Tata Surya

· Menjelaskan Planet sebagai anggota Tata Surya

· Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi

4.4. Menyajikan karakteristik planet Bumi sebagai ruang kehidupan dengan menggunakan peta,  bagan, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video

· Memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan

· Memverifikasi tentang teori penciptaan planet bumi, karakteristik perlapisan bumi, dan sejarah kehidupan serta kelayakan planet bumi untuk kehidupan

· Memverifikasi pengaruh rotasi bumi terhadap perbedaan waktu di bumi dan pengaruh revolusi bumi terhadap pergiliran musim tahunan

· Memverifikasi  hubungan teori  pergeseran benua dengan pembentukan daratan dan samudera  dalam kala geologi tertentu

· Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan

· Menyampaikan laporan hasil diskusi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan dilengkapi peta,  gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video

 

1. 

2. 

3. 

3.1. 

3.2. 

3.3. 

3.4. 

4. 

4.1. 

4.2. 

4.3. 

4.4. 

C. Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

1. Memahami proses pembentukan planet Bumi melalui berbagai sumber/media

2. Memahami proses terjadinya, bentuk, dan sifat anggota Jagat Raya

3. Memahami karakteristik lapisan bumi

4. Memahami teori pembentukan planet Bumi

5. Memahami pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya

6. Memahami Matahari sebagai pusat Tata Surya

7. Mendeskripsikan sejarah pembentukan bumi

8. Menganalisis teori tektonik lempeng

9. Menjelaskan  pandangan  manusia mengenai Jagat Raya  

10. Menjelaskan satuan jarak di Jagat Raya

11. Menjelaskan teori-teori tentang Tata Surya

12. Menjelaskan Planet sebagai anggota Tata Surya

13. Menjelaskan perkembangan bentuk muka bumi

14. Memverifikasi kesimpulan data dan informasi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan

15. Memverifikasi tentang teori penciptaan planet bumi, karakteristik perlapisan bumi, dan sejarah kehidupan serta kelayakan planet bumi untuk kehidupan

16. Memverifikasi pengaruh rotasi bumi terhadap perbedaan waktu di bumi dan pengaruh revolusi bumi terhadap pergiliran musim tahunan

17. Memverifikasi  hubungan teori  pergeseran benua dengan pembentukan daratan dan samudera  dalam kala geologi tertentu

18. Mempresentasikan hasil verifikasi data tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan

19. Menyampaikan laporan hasil diskusi tentang gerak dan kedudukan Matahari, Bulan, dan Bumi, serta pengaruhnya terhadap kehidupan dilengkapi peta,  gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video

 

D. Materi Pembelajaran

BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN

· Teori pembentukan planet Bumi.

· Perkembangankehidupan di Bumi.

· Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi.

 

1. Fakta:

Jagat Raya

Satuan ukuran jarak Jagat Raya

Anggota Jagat Raya

Tata Surya

Matahari

Bagian-bagian Matahari

Planet

Bulan

komet, meteor, dan meteorite

Bumi

Lapisan Bumi

Gempa Bumi

Gunung

Lempeng

2. Konsep:

Pengertian Jagat Raya

Macam-macam satuan ukuran jarak Jagat Raya

Bentuk-bentuk anggota Jagat Raya

Sifat-sifat anggota Jagat Raya

Pengertian Tata Surya

Planet sebagai anggota Tata Surya

Bulan sebagai satelit bumi

komet, meteor, dan meteorite sebagai anggota Tata Surya

Pembentukan Bumi

Karakteristik lapisan bumi

Bentuk muka bumi

Persebaran gunung api

 

3. Prinsip:

Pandangan manusia mengenai Jagat Raya

Teori-teori mengenai terjadinya Tata Surya

Matahari sebagai pusat Tata Surya

Perubahan pergerakan bulan terhadap bumi

Sejarah pembentukan Bumi

Perkembangan bentuk muka bumi

Teori tektonik lempeng

 

4. Prosedur:

Proses terjadinya Jagat Raya

Menghitung satuan  ukuran jarak di Jagat Raya

Proses terjadinya anggota Jagat Raya

Proses terjadinya Tata Surya

Kronologis mengenai sejarah pembentukan Bumi

Kronologis mengenai perkembangan bentuk muka Bumi

Teori tektonik lempeng dan kaitannya dengan persebaran gunung api dan gempa bumi

 

JAGAT RAYA

- Pengertian Jagat Raya

- Pandangan Manusia tentang Jagat Raya

- Satuan Jarak di Jagat Raya

Anggota Jagat Raya

Galaksi

§ Bentuk Galaksi

§ Macam-macam Galaksi

 

TATA SURYA

- Menjelaskan pengertian Tata Surya

- Mendeskripsikan proses terjadinya Tata Surya

- Mendeskripsikan teori-teori mengenai terjadinya Tata Surya

- Matahari Pusat Tata Surya

- Planet-planet

1. Pengertian planet

2. Hukum tentang planet

3. Klasifikasi planet

- Bulan Satelit Bumi

- Komet, Meteor dan Meteorit, serta Planetoid dan Asteroid

 

PEMBENTUKAN MUKA BUMI DAN PERKEMBANGANNYA

- Sejarah Pembentukan Bumi

- Karakteristik Lapisan Bumi

- Perkembangan Bentuk Muka Bumi

- Teori Tektonik Lempeng

 

E. Metode Pembelajaran

1)  Pendekatan    : Saintifik

2)  Model Pembelajaran : Discovery learning, Problem Based Learning (PBL)

3)  Metode : Tanya jawab, wawancara, diskusi dan bermain peran

 

F. MediaPembelajaran

Media :

Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)

Ø lembar penilaian

Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.

 

Alat/Bahan :

Ø Penggaris, spidol, papan tulis

Ø Laptop & infocus

Ø Audio: kaset dan CD.

Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.

Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.

Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.

Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.

Ø Visual gerak: film bisu.

Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.

Ø Komputer.

 

G. Sumber Belajar

Ø Buku Geografi Siswa Kelas X, Kemendikbud, tahun 2013

Ø Pengalaman peserta didik dan guru

 

H. Langkah-langkah Pembelajaran

1.

Pertemuan Ke-1 (3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 

Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

 

 

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

Pembagian kelompok belajar

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya dengan cara :

Melihat (tanpa atau dengan Alat)

 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

Mengamati

Lembar kerja materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

Pemberian contoh-contoh materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

Membaca.

 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

Menulis

 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

Mendengar

 

Pemberian materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya oleh guru.

Menyimak

 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 

Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

 

 

 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 

Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

 

 

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data
collection
(pengumpulan
data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Mengamati obyek/kejadian

 

Mengamati dengan seksama materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

Membaca sumber lain selain buku teks

 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang sedang dipelajari.

Aktivitas

 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang sedang dipelajari.

Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

Mendiskusikan

 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

Mengumpulkan informasi

 

Mencatat semua informasi tentang materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mempresentasikan ulang

 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya sesuai dengan pemahamannya.

Saling tukar informasi tentang materi :

 

Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

 

 

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

Berdiskusi tentang data dari Materi :

 

Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

 

 

Mengolah informasi dari materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

Verification (pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 

Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

 

 

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization (menarik kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 

Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

 

 

Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

Bertanya atas presentasi tentang materi  Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

 

Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

 

 

Menjawab pertanyaan tentang materi  Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang akan selesai dipelajari

Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran  Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang baru dilakukan.

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya yang baru diselesaikan.

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Pengertian dan proses terjadinya Jagat Raya, Pandangan  manusia mengenai Jagat Raya dan Satuan jarak di Jagat Raya serta bumi sebagi bagian dari system jagat raya kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

 

 

 

2.

Pertemuan Ke-2 (3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 

Teori pembentukan planet Bumi

 

 

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

Pembagian kelompok belajar

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Teori pembentukan planet Bumi dengan cara :

Melihat (tanpa atau dengan Alat)

 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

Mengamati

Lembar kerja materi Teori pembentukan planet Bumi

Pemberian contoh-contoh materi Teori pembentukan planet Bumi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

Membaca.

 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Teori pembentukan planet Bumi

Menulis

 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Teori pembentukan planet Bumi

Mendengar

 

Pemberian materi Teori pembentukan planet Bumi oleh guru.

Menyimak

 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 

Teori pembentukan planet Bumi

 

 

 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 

Teori pembentukan planet Bumi

 

 

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data
collection
(pengumpulan
data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Mengamati obyek/kejadian

 

Mengamati dengan seksama materi Teori pembentukan planet Bumi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

Membaca sumber lain selain buku teks

 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Teori pembentukan planet Bumi yang sedang dipelajari.

Aktivitas

 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Teori pembentukan planet Bumi yang sedang dipelajari.

Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Teori pembentukan planet Bumi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

Mendiskusikan

 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Teori pembentukan planet Bumi

Mengumpulkan informasi

 

Mencatat semua informasi tentang materi Teori pembentukan planet Bumi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mempresentasikan ulang

 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Teori pembentukan planet Bumi sesuai dengan pemahamannya.

Saling tukar informasi tentang materi :

 

Teori pembentukan planet Bumi

 

 

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

Berdiskusi tentang data dari Materi :

 

Teori pembentukan planet Bumi

 

 

Mengolah informasi dari materi Teori pembentukan planet Bumi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Teori pembentukan planet Bumi

Verification (pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 

Teori pembentukan planet Bumi

 

 

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization (menarik kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Teori pembentukan planet Bumi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 

Teori pembentukan planet Bumi

 

 

Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Teori pembentukan planet Bumi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

Bertanya atas presentasi tentang materi  Teori pembentukan planet Bumi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

 

Teori pembentukan planet Bumi

 

 

Menjawab pertanyaan tentang materi  Teori pembentukan planet Bumi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Teori pembentukan planet Bumi yang akan selesai dipelajari

Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Teori pembentukan planet Bumi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran  Teori pembentukan planet Bumi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Teori pembentukan planet Bumi yang baru dilakukan.

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Teori pembentukan planet Bumi yang baru diselesaikan.

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Teori pembentukan planet Bumi

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Teori pembentukan planet Bumi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

 

 

 

3.

Pertemuan Ke-3 (3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 

Perkembangan kehidupan di Bumi

 

 

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

Pembagian kelompok belajar

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Perkembangan kehidupan di Bumi dengan cara :

Melihat (tanpa atau dengan Alat)

 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

Mengamati

Lembar kerja materi Perkembangan kehidupan di Bumi

Pemberian contoh-contoh materi Perkembangan kehidupan di Bumi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

Membaca.

 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Perkembangan kehidupan di Bumi

Menulis

 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Perkembangan kehidupan di Bumi

Mendengar

 

Pemberian materi Perkembangan kehidupan di Bumi oleh guru.

Menyimak

 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 

Perkembangan kehidupan di Bumi

 

 

 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 

Perkembangan kehidupan di Bumi

 

 

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data
collection
(pengumpulan
data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Mengamati obyek/kejadian

 

Mengamati dengan seksama materi Perkembangan kehidupan di Bumi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

Membaca sumber lain selain buku teks

 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Perkembangan kehidupan di Bumi yang sedang dipelajari.

Aktivitas

 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Perkembangan kehidupan di Bumi yang sedang dipelajari.

Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Perkembangan kehidupan di Bumi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

Mendiskusikan

 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Perkembangan kehidupan di Bumi

Mengumpulkan informasi

 

Mencatat semua informasi tentang materi Perkembangan kehidupan di Bumi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mempresentasikan ulang

 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Perkembangan kehidupan di Bumi sesuai dengan pemahamannya.

Saling tukar informasi tentang materi :

 

Perkembangan kehidupan di Bumi

 

 

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

Berdiskusi tentang data dari Materi :

 

Perkembangan kehidupan di Bumi

 

 

Mengolah informasi dari materi Perkembangan kehidupan di Bumi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Perkembangan kehidupan di Bumi

Verification (pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 

Perkembangan kehidupan di Bumi

 

 

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization (menarik kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Perkembangan kehidupan di Bumi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 

Perkembangan kehidupan di Bumi

 

 

Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Perkembangan kehidupan di Bumi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

Bertanya atas presentasi tentang materi  Perkembangan kehidupan di Bumi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

 

Perkembangan kehidupan di Bumi

 

 

Menjawab pertanyaan tentang materi  Perkembangan kehidupan di Bumi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Perkembangan kehidupan di Bumi yang akan selesai dipelajari

Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Perkembangan kehidupan di Bumi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran  Perkembangan kehidupan di Bumi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Perkembangan kehidupan di Bumi yang baru dilakukan.

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Perkembangan kehidupan di Bumi yang baru diselesaikan.

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Perkembangan kehidupan di Bumi

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Perkembangan kehidupan di Bumi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

 

 

 

4.

Pertemuan Ke-4 (3 x 45 Menit)

Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)

Guru :

Orientasi

Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran

Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin

Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Aperpepsi

Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya

Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.

Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Motivasi

Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi :

 

Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

 

 

Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung

Mengajukan pertanyaan

Pemberian Acuan

Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.

Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung

Pembagian kelompok belajar

Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti ( 105 Menit )

Sintak Model Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi dengan cara :

Melihat (tanpa atau dengan Alat)

 

Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.

Mengamati

Lembar kerja materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

Pemberian contoh-contoh materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb

Membaca.

 

Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

Menulis

 

Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

Mendengar

 

Pemberian materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi oleh guru.

Menyimak

 

Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai materi :

 

Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

 

 

 

untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :

Mengajukan pertanyaan tentang materi :

 

Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

 

 

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Data
collection
(pengumpulan
data)

KEGIATAN LITERASI

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:

Mengamati obyek/kejadian

 

Mengamati dengan seksama materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.

Membaca sumber lain selain buku teks

 

Secara disiplin melakukan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang sedang dipelajari.

Aktivitas

 

Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang sedang dipelajari.

Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber

 

Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

 

 

COLLABORATION (KERJASAMA)

Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:

Mendiskusikan

 

Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

Mengumpulkan informasi

 

Mencatat semua informasi tentang materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Mempresentasikan ulang

 

Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi sesuai dengan pemahamannya.

Saling tukar informasi tentang materi :

 

Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

 

 

dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.

Data
processing
(pengolahan
Data)

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :

Berdiskusi tentang data dari Materi :

 

Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

 

 

Mengolah informasi dari materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

Verification (pembuktian)

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)

Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :

Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi :

 

Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

 

 

antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

Generalization (menarik kesimpulan)

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)

Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan

Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.

Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :

 

Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

 

 

Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi  Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.

Bertanya atas presentasi tentang materi  Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

 

 

CREATIVITY (KREATIVITAS)

Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :

 

Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi :

 

Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

 

 

Menjawab pertanyaan tentang materi  Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.

Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi  Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang akan selesai dipelajari

Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi  Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Catatan : Selama pembelajaran  Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan

Kegiatan Penutup (15 Menit)

Peserta didik :

Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi  Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang baru dilakukan.

Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran  Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi yang baru diselesaikan.

Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran  Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas

Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran  Dampak rotasi dan revolusi Bumi terhadap kehidupan di Bumi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.

 

A. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

1. Teknik Penilaian (terlampir)

a. Sikap

Penilaian Observasi

Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap

No

Nama Siswa

Aspek Perilaku yang Dinilai

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

BS

JJ

TJ

DS

1

Soenarto

75

75

50

75

275

68,75

C

2

 

...

...

...

...

...

...

...

 

 

Keterangan :

BS : Bekerja Sama

JJ : Jujur

TJ : Tanggun Jawab

DS : Disiplin

 

Catatan :

1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75 = Baik

50 = Cukup

25 = Kurang

2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00 = Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –  25,00 = Kurang (K)

5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek perilaku yang ingin dinilai

 

Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.

50

 

250

62,50

C

2

Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

 

50

3

Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.

50

 

4

...

100

 

 

Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00 = Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –  25,00 = Kurang (K)

5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan

 

Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :

 

Nama yang diamati : ...

Pengamat : ...

 

No

Pernyataan

Ya

Tidak

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

1

Mau menerima pendapat teman.

100

 

450

90,00

SB

2

Memberikan solusi terhadap permasalahan.

100

 

3

Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

 

100

4

Marah saat diberi kritik.

100

 

5

...

 

50

 

Catatan :

1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00 = Baik (B)

25,01 – 50,00 = Cukup (C)

00,00 –  25,00 = Kurang (K)

 

Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)

 

b. Pengetahuan

Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)

Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan

No

Aspek yang Dinilai

Skala

Jumlah Skor

Skor Sikap

Kode Nilai

25

50

75

100

1

Intonasi

 

 

 

 

 

 

 

2

Pelafalan

 

 

 

 

3

Kelancaran

 

 

 

 

4

Ekspresi

 

 

 

 

5

Penampilan

 

 

 

 

6

Gestur

 

 

 

 

 

Penugasan (Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a. Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik

b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik

c. Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

 

c. Keterampilan

Penilaian Unjuk Kerja

Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

 

Instrumen Penilaian

No

Aspek yang Dinilai

Sangat

Baik

(100)

Baik

(75)

Kurang

Baik

(50)

Tidak

Baik

(25)

1

Kesesuaian respon dengan pertanyaan

 

 

 

 

2

Keserasian pemilihan kata

 

 

 

 

3

Kesesuaian penggunaan tata bahasa

 

 

 

 

4

Pelafalan

 

 

 

 

 

Kriteria penilaian (skor)

100 = Sangat Baik

75 = Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

 

Instrumen Penilaian Diskusi

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

Penguasaan materi diskusi

 

 

 

 

2

Kemampuan menjawab pertanyaan

 

 

 

 

3

Kemampuan mengolah kata

 

 

 

 

4

Kemampuan menyelesaikan masalah

 

 

 

 

 

Keterangan :

100 = Sangat Baik

75 = Baik

50 = Kurang Baik

25 = Tidak Baik

 

Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)

Penilaian Produk (Lihat Lampiran)

Penilaian Portofolio

Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

 

Instrumen Penilain

No

Aspek yang Dinilai

100

75

50

25

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

2. Instrumen Penilaian (terlampir)

a. Pertemuan Pertama

b. Pertemuan Kedua

c. Pertemuan Ketiga

 

3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a. Remedial

Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :

1) Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2) Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!

3) Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!

 

CONTOH PROGRAM REMIDI

 

Sekolah : ……………………………………………..

Kelas/Semester : ……………………………………………..

Mata Pelajaran : ……………………………………………..

Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..

Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..

(KD / Indikator) : ……………………………………………..

KKM : ……………………………………………..

 

No

Nama Peserta Didik

Nilai Ulangan

Indikator yang Belum Dikuasai

Bentuk Tindakan Remedial

Nilai Setelah Remedial

Keterangan

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

b. Pengayaan

Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :

1) Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.

2) Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3) Membaca surat kabar, majalah, serta berita online tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

4) Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.

 

 

 

 

……………, 25 Juli 2017

 

Mengetahui

Kepala SMAN …………. Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

…………………………………… …………………………………….

NIP/NRK. NIP/NRK.

 

Catatan Kepala Sekolah

................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


The lesson plan above is the one used by my Resource Teacher during his teaching and my classroom observation. I observed that Indonesia and Philippines do not have the same format of Lesson Planning for their teaching. However, the flow is somewhat similar because teachers need to introduce the previous topic again to review what was taught to them before introducing another lesson. However, I noticed that it is necessary for them to finish discussing one topic in a day as students will get bombarded of different learnings everyday if they do that. What matters most in their school is that all students understand the topic well before moving forward to the next topic.

 


    1.2 Preparing lessons and materials

My resource teacher would always use the Great Books and the internet in preparing his lessons and instructional materials. Oftentimes, he utilizes videos on the internet then shows it to the class. He does not make use of PowerPoint presentation so much but instead; he uses books and websites most of the time. 


    1.3 Teaching in class

        Although they are following the Independent Curriculum, teaching inside the classroom is still a mixture of teacher-centered and student-centered teaching-learning process. Besides, knowledge from Great Books is still vital in the learning of students. 



This video below is one of my observations during Mr. Fendy's class, my Resource Teacher.




    1.4 Measurement and Evaluation

  • Pre-test: To measure the prior knowledge of students about the topic.
  • Post-test: To assess the students' learning and progress after discussion.
  • Quiz
  • Examinations


    1.5 Others

Comments